Malaikat dan Tugasnya

Malaikat dan Tugasnya

Pengertian Malaikat

Malaikat adalah makhluk ciptaan Allah yang terbuat dari Nur (Cahaya) berdasarkan hadits Rasulullah saw, “Malaikat diciptakan dari Cahaya. Malaikat diciptakan untuk patuh dan tunduk kepada Allah swt, serta senantiasa berbakti kepada Allah. Malaikat sama sekali tidak pernah durhaka kepada Allah.
Malaikat tidak mempunyai nafsu, tidak makan-minum dan tidur. Tidak melakukan dosa. Tidak berjenis kelamin laki-laki maupun perempuan dan mempunyai alam tersendiri, yaitu alam ghaib yang tidak dapat dilihat oleh manusia. Jelas bahwa malaikat berbeda dengan Manusia.
Walaupun manusia tidak dapat melihat dan berbeda alam dengan Malaikat. Tetapi jika Allah berkehendak dengann kekuasaannya maka Malaikat dapat dilihat oleh manusia, seperti yang terjadi pada para Nabi dan Rasul. Malaikat selalu menampakan dirinya dalam wujud laki-laki kepada para Nabi dan Rasul. Walau demikian malaikat tidak berwujud laki-laki maupun perempuan semua itu karena kehendak Allah swt. SubhanAllah atas izin Allah.
Ada 10 Malaikat Allah beserta tugasnya yang wajib kita ketahui dan kita Imani berdasarkan Rukun Iman.

10 Malaikat Allah dan Tugasnya:

  1. Malaikat Jibril  bertugas menyampaikan wahyu dari Allah swt. dan mengajarkannya kepada para nabi dan rasul.
  2. Malaikat Mikail  bertugas memberikan kepada seluruh makhluk hidup.
  3. Malaikat Israfil bertugas meniupkan sangkakala sebagai penanda hari kiamat.
  4. Malaikat Izrail bertugas mencabut nyawa seluruh makhluk hidup, dibagi menjadi 2 jenis, yaitu Pencabut nyawa dengan keras dan Pencabut nyawa dengan lembut.
  5. Malaikat Malaikat Munkar dan Nakir bertugas memriksa amal manusia di alam barzakh, yaitu menanyakan kepada seseorang di alam kubur mengenai segala perbuatannya semasa hidup di dunia.
  6. Malaikat Nakir Nakir tugasnya sama seperti malaikat Munkar, yaitu bertugas memriksa amal manusia di alam barzakh, yaitu menanyakan kepada seseorang di alam kubur mengenai segala perbuatannya semasa hidup di dunia.
  7. Malaikat Rakib bertugas mencatat segala perbuatan amal baik atau kebajikan seseorang yang selalu berada di pundak kanan manusia.
  8. Malaikat Atid bertugas mencatat segala perbuatan buruk, bejat dan dosa seseorang yang selalu berada di pundak kiri manusia.
  9. Malaikat Malik bertugas sebagai penjaga pintu neraka.
  10. Malaikat Ridwan bertugas sebagai penjaga pintu surga.


0 Response to "Malaikat dan Tugasnya"

Post a Comment