Humas-Hubungan Khalayak In/Eksternal CV Gshirt Veksindo
CV Gshirt Veksindo
adalah perusahaan yang bergerak di
bidang konveksi, event organizer, training dan travel yang bertujuan membantu
para konsumen dalam menyemarakan baik event kecil maupun besar, dan berbagai
perjalanan destinasi terbaik diseluruh dunia. Perusahaan ini melayani kerjasama
dengan pelayanan yang dititik beratkan pada sisi kualitas. CV Gshirt Veksindo
beralamat di Jl. Selokan Mataram 16, Pogung Dalangan, Yogyakarta 55284.
Saya, Ahmad Ruslan
beserta team humas lainnya melakukan wawancara dengan Direktur Utama CV Gshirt
Veksindo Kartiko Gilang P. (20) lulusan Fakultas Pertanian Universitas Gadjah
Mada. Beliau menyatakan bahwa hubungan khalayak In/Eskternal perlu dibangun
guna mendapatkan continable (berkelanjutan) karena itu lebih berharga daripada
keuntungan semata. Tentu dalam mewujudkan hal tersebut tidaklah mudah,
diperlukannya aksi yang memberikan kesan positif kepada pelanggan dalam
memberikan pelayanan dengan kualitas produk yang dihasilkan. Walau demikian,
sekuat apapun berusaha tentu akan ada permasalahan.
Sebagai contoh permasalahan Internal; CV Gshirt Veksindo tidak
terlalu memberikan hukuman yang berat terhadap karyawannya yang melakukan
kesalahan seperti, terlambat masuk kantor, bekerja malas-malasan, ataupun
projek tidak sesuai jadwal. Hal ini dikarenakan Direktur Utama mempercayai
bahwa para karyawannya adalah orang yang bertanggung jawab dan bisa dipercaya. Jadi
tidak perlu dihukum dengan berat. Karena manusia pasti melakukan kesalahan.
Permasalahan
Eksternal yang selama ini dialami adalah permasalahan, telatnya pelunasan
pembayaran pesanan kaos dari pelanggan, orderan kaos tidak selesai tepat waktu,
dan hilangnya kontak pelanggan yang tidak membayar. Penyelesaiannya cukup
menakjubkan dengan musyawarah. Walau demikian, pernah juga sampai ke pengadilan
tapi semua selesai dengan musyawarah bersama untuk mengambil jalan tengah yang
terbaik. Selanjutnya melakukan kontak secara terus menerus mengenai masalah
pesanan karena proses produksi yang tidak dapat ditebak, mengingat bahan baku
yang tidak selalu tersedia di pasaran dan banyaknya orderan. CV Gshirt Veksindo
mengetahui bahwa bisnis pasit mengalami kerugian. Jadi, tidak terlalu
memikirkan tentang pelanggan yang kabur tanpa membayar. Anehnya, pelanggan
tersebut pasti akan kembali untuk membayar pada waktunya. Untuk mengatasi
masalah-masalah tersebut di awal. CV Gshirt Veksindo membuat prosedur MOU dan
memberikan tenggang waktu 1 bulan telat pembayaran terhitung dari selesainya
pesanan.
Kesan dan pesan
yang diberikan Direktur Utama dalam Humas adalah jangan terlalu banyak
berkomentar. Akan tetapi, bertindaklah. Karena tindakan itu lebih berarti dan
memberikan dampak yang nyata.
Salam Hangat
AR
0 Response to "Humas-Hubungan Khalayak In/Eksternal CV Gshirt Veksindo"
Post a Comment