Rasul Ulul Azmi


Rasul Ulul Azmi

7. Rasul-Rasul Ulul Azmi

            Diantara para Nabi dan Rasul yang diutus oleh Allah, terdapat rasul-rasul “Ulul Azmi”. Ulul Azmi artinya mempunyai tekad yang kuat dan keteguhan tanpa batas. Mereka mengerahkan segala daya dan upaya dengan penuh kesabaran untuk menegakkan kalimat Allah dan membumikan syariat Allah di muka bumi. Walaupun godaan dan tantangan serta bahaya datang silih berganti, mereka terus menjalankan misi kenabian yang telah diamanahkan, dengan penuh ikhlas karena Allah swt. semata.
            Allah menyuruh kepada Nabi Muhammad saw. untuk mengambil suri tauladan dari para Rasul Ulul Azmi. Firman-Nya:


Artinya:
“Maka bersabarlah kamu seperti orang-orang  yang mempunyai keteguhan hati dari Rasul-rasul telah bersabar dan  janganlah kamu  meminta disegerakan (azab) bagi mereka. pada hari mereka melihat azab yang diancamkan kepada mereka (merasa) seolah-olah tidak tinggal (di dunia) melainkan sesaat pada siang hari. (inilah) suatu pelajaran yang cukup,  Maka tidak dibinasakan melainkan kaum yang fasik.” (Qs. Al-Ahqaf: 35).

Rasul-rasul Ulul Azmi adalah:

1. Nuh As.
2. Ibrahim As.
3. Musa As.
4. Isa As.
5. Muhammad saw.

            Allah telah menyebutkan nama-nama mereka dalam Al-Qur’an dalam dua buah ayat yaitu:


Artinya:
“Dan (ingatlah) ketika Kami mengambil Perjanjian dari Nabi-nabi dan dari kamu (sendiri) dari Nuh, Ibrahim, Musa dan  Isa  putra  Maryam, dan Kami  telah  mengambil  dari  mereka Perjanjian yang teguh[1202].” (Qs. Al-Ahzab: 7)

[1202] Perjanjian yang teguh ialah kesanggupan menyampaikan agama kepada umatnya masing-masing.

   
Artinya:
“Dia telah mensyari’atkan bagi kamu tentang agama apa yang telah diwasiatkan-Nya kepada Nuh dan apa yang telah Kami wahyukan kepadamu dan apa yang telah Kami wasiatkan kepada Ibrahim, Musa dan Isa Yaitu: Tegakkanlah agama[1340] dan janganlah kamu berpecah belah tentangnya. Amat berat bagi orang-orang musyrik agama yang kamu seru mereka kepadanya. Allah menarik kepada agama itu orang yang dikehendaki-Nya dan memberi petunjuk kepada (agama)-Nya orang yang kembali (kepada-Nya).” (Qs. Asy-Syura: 13)


[1340] Yang dimaksud: agama di sini ialah meng-Esakan Allah swt., beriman kepada-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya dan hari akhirat serta mentaati segala perintah dan larangan-Nya.

0 Response to "Rasul Ulul Azmi"

Post a Comment